Strategi Makan Siang

joko widodo


Mantan Wali Kota Solo, dan DKI jakarta yang kini menjabat Presiden RI, Joko Widodo pernah membagikan pengalamannya saat berhadapan dengan pedagang kaki lima (PKL).

Jokowi menyampaikan pengalamannya itu kala menyampaikan kuliah umum tentang transportasi dan industri Esemka di Universitas Indonesia, Depok, Senin, 2 April 2012.

Ketika itu, Jokowi hendak mengadakan program pemindahan PKL Banjarsari, Solo. Jokowi mengundang para PKL dan anggota LSM untuk makan siang dan malam bersama.

"Saya undang 11 orang, yang datang 40 orang," kata Jokowi sambil tertawa.

Hingga 54 kali Jokowi mengajak mereka makan bareng tanpa membicarakan masalah program pemindahan PKL. Para undangan pun kemudian bertanya-tanya apa maksud Wali Kota mengundang mereka.

"Ya, saya jawab hanya mengundang makan malam," ujarnya.

Dengan cara seperti itu, program pemindahan PKL justru berjalan lancar tanpa ada gusur-menggusur. Mereka menerima program pemerintah."Mau protes apa lagi?, wong sudah 54 kali makan dengan saya," kata Jokowi disambut tepuk tangan peserta.

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar